Ketika Penjaga Gawang Setajam Striker: Jose Luis Chilavert

Siapa tak kenal Jose Luis Felix Chilavert Gonzalez? Penjaga gawang kelahiran 27 Juli 1965 ini selain dikenal temperamen di lapangan, juga tajam dalam mencetak gol. Pria asal Luque, Middle Departamento, Paraguay ini semasa aktif di tim nasional Paraguay dipercaya menjadi kapten. Performa apiknya dalam mementahkan tendangan lawan maupun mencetak gol ke gawang musuh menjadikan Jose Luis Chilavert kiper legendaris Paraguay.

Pemain yang akrab dipanggil Chila ini juga memiliki julukan Bulldog dari para pendukungnya. Personifikasi dari aksinya yang garang tiap kali ia menghalau serangan musuh. Atas prestasinya di level klub dan timnas Chila sempat diganjar penghargaan Kiper Terbaik Dunia versi IFFHS hingga sebanyak tiga kali. Catatan ketajaman Chila ditopang oleh kepiawaiannya dalam mengeksekusi bola mati. Chila dikenal sebagai spesialis tendangan bebas yang mampu mencetak 62 gol dalam karir profesionalnya, termasuk 8 gol di pertandingan internasional. Ke-62 gol tersebut sebanyak 17 gol dicetak melalui tendangan bebas, sementara 45 gol lainnya lewat sepakan penalti.

Sempat dua kali merumput di daratan Eropa, karir Chila tidak semengkilap penampilannya di Amerika Latin. Prestasinya di Real Zaragoza (Liga Spanyol) dan Strasbourg (Liga Prancis) kurang begitu menonjol sehingga ia memilih kembali ke kompetisi di Amerika Selatan. Meski begitu, Chila tetap dikenal sebagai salah satu penjaga gawang terbaik dan tertajam di dunia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s