Adidas Predator, Power Boots Seringan Speed Boots

Sebetulnya topik artikel ini sudah cukup usang. Namun, soccerbit.com mencoba mengulas kembali keberadaan Adidas Predator seiring kencangnya rumor yang menyebutkan akan hadirnya generasi ke-12 dari sepatu sepakbola legendaris ini. Sudah sejak lama Adidas Predator dikenal sebagai salah satu pelopor power boots. Meskipun pada awal kemunculannya Adidas tidak langsung menempatkan Predator pada segmen power boots, pada perkembangannya Predator dikenal sebagai power boots yang mampu mempengaruhi kualitas tendangan pemain. Baik itu akurasi, lengkungan, maupun kekuatan tendangan.

Salah satu unofficial requirement dari power boots adalah tentang bobotnya. Seperti sudah menjadi ketentuan bahwa sebuah power boots ‘tidak boleh’ memiliki bobot yang ringan. Bobot yang agak berlebih pada power boots dipercaya dapat meningkatkan power dari tendangan pemain. Adidas bahkan sempat menyematkan tungsten powder, semacam bubuk logam, pada outsole Predator seri kesembilan. Tungsten powder ini diklaim dapat meningkatkan momentum kaki pada saat menendang bola, sehingga kualitas kekuatan tendangan pun diklaim dapat ditingkatkan. Pada perkembangannya, produsen power boots lain seperti Nike dan Puma menerapkan pra-syarat serupa pada power boots-nya. Pra-syarat dimana power boots tidak boleh berbobot ringan.

Namun, pada generasi ke-11 dari Predator, Adidas melakukan ubahan yang cukup signifikan pada material Predator, baik pada outsole maupun upper. Ubahan tersebut membuat bobot Predator bernama Adipower itu memiliki bobot seringan speed boots. Bayangkan, bobot Predator Adipower sama persis dengan bobot speed boots milik Nike, Mercurial Vapor VII, yakni 230 gram. Ubahan ini tentu ‘bertentangan’ dengan konsep power boots pada umumnya. Nah, apakah dengan bobot seringan speed boots ini Predator masih sanggup menjadi power boots? Silakan kemukakan opini anda. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s