Lebih Dekat Dengan Stefano Lilipaly, Iniesta Dari Indonesia

Nama Stefano Lilipaly tengah menjadi buah bibir media online Belanda dan Indonesia. Keberhasilannya mencetak gol ke gawang PSV Eindhoven saat membela Utrecht membuat Lilipaly masuk catatan sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang mencetak gol di ajang Eredivisie Liga Belanda. Ingin mengenal lebih dekat sosok pemain yang dijuluki media Belanda sebagai Andres Iniesta dari Indonesia? Berikut soccerbit.com hadirkan profile dari Lilipaly yang dikutip dari goal.com.

Posisi: Gelandang serang
Nomor punggung: 31
Tempat/Tanggal Lahir: Arnhem, Belanda/10 Januari 1990
Tinggi/Berat: 170 cm / 60 kg
Ayah: Ron Lilipaly
Ibu: Adriana
Kakak: Shemaine
Adik: Sobay, Nino

FAVORIT
Film: Blow, The Godfather, City Of God
Pemain: Andres Iniesta dan Zinedine Zidane
Musik: Snoop Doggy Dogg, R&B
Mode: Christian Dior, Adidas, Nike

PENGALAMAN
Klub: AZ Alkmaar, FC Utrecht
Timnas: Belanda U-15, U-16, U-17, U-18

AWAL KARIER
“Saya mulai bermain bola sejak usia 7 tahun, ditempatkan di sebuah klub amatir bernama DCG selama tiga tahun. Dari situ saya pindah ke akademi AZ Alkmaar, tapi hanya bertahan selama satu tahun di sana karena saya tidak menyukai klubnya. Jadi saya masuk Utrecht, dan sampai sekarang di sinilah saya bermain. Perlahan saya naik ke Jong Utrecht [skuad junior] atau tim senior kedua.”

POSISI & GAYA BERMAIN
“Gelandang serang. Saya seorang pemain yang fleksibel, suka mencetak gol dan memberikan assist. Gaya bermain ingin meniru salah satu pemain favorit saya, [Andres] Iniesta. Saya bisa bermain defensif, dan
kemampuan saya juga mendukung untuk menyerang.
“Saya memiliki kemampuan untuk mencetak gol dari luar kotak. Pemain lawan berpikir saya kecil, tapi begitu menghadapi saya, mereka kemudian bertanya, ‘kenapa orang sekecil itu bisa mencetak gol dari jarak sejauh itu?’ “Musim ini saya baru tampil dalam tiga pertandingan. Setiap pertandingan, saya mencetak gol dari luar kotak. Jadi saya sudah mencetak tiga gol.”

BELANDA ATAU INDONESIA
“Saya sudah memperkuat timnas Belanda dari U-15 hingga U-18, tapi kalau harus memilih, saya ingin membela tim nasional Indonesia.
“Kedua orang tua selalu mendukung saya dalam bermain bola. Sejak awal mereka sudah melihat talenta saya.
“Saya tidak mengenal banyak tentang Indonesia. Saya belum pernah ke sana, tapi ibu saya orang Belanda dan saya mencintai masakannya seperti nasi goreng. Ibu saya sering memasak makanan khas Indonesia,
saya tidak menghafal namanya selain nasi goreng, tapi saya makan semuanya dan menyukai semuanya.
Nenek saya juga sering masak.”

Courtesy of goal.com
Image courtesy & copyright goal.com

Leave a Reply

