Kostum Sepakbola Legendaris: Perancis

Kostum Les Bleus pada Piala Eropa 1984 punya makna tersendiri bagi rakyat Prancis. Saat itu, Michel Platini berhasil membawa Prancis juara Euro 1984. Saat menggelar Piala Dunia 1998, Prancis memutuskan mengenakan kostumserupa seperti yang digunakan Platini pada 1984 dengan harapan Zinedine Zidane dkk. berhasil menjadi juara. Harapan itu terkabul, dan Zidane mengikuti jejak Platini mengangkat piala bergengsi bagi Prancis dengan kostum serupa.

Setelah titel juara dunia berhasil diraih pada tahun 1998, dua tahun berselang Perancis berhasil menjadi juara Eropa dengan kostum yang serupa. Ketika itu Adidas hanya melakukan ubahan pada corak tiga garis horizontal dibagian perut menjadi tiga garis vertikal menyatu dibawah leher. Itulah gelar terakhir yang berhasil diraih tim nasional berjuluk Les Bleus tersebut hingga saat ini.

Pada tahun 2002, untuk ajang Piala Dunia Korea-Jepang, Adidas melakukan ubahan yang cukup radikal dengan membuat kostum timnas Perancis lebih polos. Terlihat hanya corak khas tiga garis ala adidas yang menghiasi bagian lengan. Dan sebagai juara bertahan Perancis harus tersingkir di fase grup dengan tidak mencetak satu gol pun meski memiliki tiga orang striker yang menjadi top skor di tiga liga elit Eropa: David Trezeguet (Juventus, Liga Italia), Thierry Henry (Arsenal, Liga Inggris), . Sejak itulah hingga saat ini Perancis tidak pernah lagi mengenakan kostum dengan basis kostum pada Piala Dunia 1998 dan tidak pernah lagi meraih gelar. Apakah ada hubungannya dengan kostum yang mereka kenakan? Anda yang menilai.

Courtesy beritaunik.net

Keterangan gambar: Berturut-turut kostum Perancis 1984, 1998, 2000, 2002

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s