2012, Adizero Atau Mercurial?

Saga persaingan antara dua apparel paling populer Adidas dengan Nike yang terjadi sejak akhir millennium nampaknya akan mencapai puncaknya di segmen speed boots. Duel vis a vis antara jagoan Nike, Mercurial series, dengan andalan Adidas, Adizero series, bisa jadi akan mencapai puncaknya pada tahun ini.

Segmen speed boots memang istimewa. Ini adalah segmen dimana pemenangnya seolah akan mendapat penghormatan lebih dan menyandang predikat sepatu sepakbola paling stylish. Hal ini tentu akan berimbas langsung pada kepopuleran dan tingkat penjualan produk yang bersangkutan. Lihat saja bagaimana Nike Mercurial begitu diidolakan para pemain dari level internasional hingga level lokal. Bahkan, pada tahun 2007, dari 11 orang starting line-up/pemain utama tim nasional Indonesia yang berlaga di ajang Piala Asia, sembilan diantaranya menggunakan Nike Mercurial!

Nike Mercurial yang sempat memimpin penjualan speed boots selama bertahun-tahun dan kemudian kehilangan posisi puncak penjualan di segmen speed boots sejak kehadiran versi terbaik dari Adidas F50, Adizero, nampaknya bernafsu merebut kembali posisi terhormat tersebut dari tangan Adidas. Lewat beberapa spy shot nampaknya Nike tengah menguji versi terbaru dari Nike Mercurial yang diduga kuat sebagai Nike Mercurial Vapor VIII. Vapor VIII ini disebut-sebut akan menjadi tonggak baru Nike dalam bersaing memperebutkan tahta sebagai speed boots paling ringan dengan Puma dan Adidas. Sebelumnya Nike lebih menempatkan Mercurial Superfly III sebagai speed boots dengan spesifikasi acceleration boots lewat pengaplikasian NikeSense Stud dan carbon-fiber soleplate. Berbeda dengan Adizero yang menempatkan bobot yang ringan sebagai daya jual utama dengan berat hanya 145 gram, lebih ringan 65 gram dibanding Mercurial Superfly.

Jika kemudian Mercurial Vapor VIII benar-benar akan memiliki bobot yang sama ringan dengan Adizero, maka ini akan menjadi persaingan real red ocean strategy. Berbeda dengan kondisi persaingan Mercurial Superfly III dengan Adizero saat ini yang lebih kearah purple ocean strategy. Lalu manakah diantaranya keduanya yang mampu menjadikan 2012 sebagai tahun kesuksesan dan dominasi di segmen speed boots. Well, time will tell.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s