Tipikal Striker Sepakbola (2)

Jika pada artikel sebelumnya telah diulas mengenai karakteristik dari striker bertipikal Deep-Lying Forward, maka kini akan diulas karakteristik dari striker dengan tipikal Target Man. Beberapa orang striker kerap kali disebut memiliki tipikal Target Man, seperti Filippo Inzaghi, David Trezeguet, atau Zlatan Ibrahimovic. Namun, benarkah mereka bertipikal Target Man? Anda bisa menemukan jawabannya disini.

2. Target Man

Target man adalah penyerang tinggi besar yang bisa ditugaskan untuk menahan bola (hold up ball) atau membelokkan umpan kepada rekan strikernya. Dengan kemampuannya yang istimewa saat meloncat menyundul bola (jumping, heading, strength), ia adalah pemain yang tepat saat ditujukan umpan-umpan lambung. Ia bisa meneror pertahanan lawan dengan keunggulan fisiknya saat umpan silang (crossing) datang.

Seorang target man tidak perlu menjadi penyerang tertajam di dunia atau mempunyai skil teknik yang memukau. Dengan keistimewaan fisiknya ia bisa membuat pertahanan lawan terbuka dengan menahan bola selama mungkin sampai rekannya yang lebih kreatif datang untuk mencetak gol.

Atribut kunci:
kekuatan tubuh
stamina
jumping
heading
sentuhan pertama
antisipasi
keberanian
dpengambilan keputusan
kerjasama tim

Contoh aktual:
Jan Koller

Courtesy beritaunik.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s