Memilih Bahan Sepatu Sepakbola (Review)

Pada empat artikel sebelumnya telah diulas beragam bahan yang umumnya digunakan sebagai material pembuatan sepatu sepakbola. Pada artikel ini akan diulas rangkuman dari artikel-artikel sebelumnya, sekaligus sebagai artikel penutup dari seri artikel “Memilih Bahan Sepatu Sepakbola”.

Secara umum, bahan kulit hewan adalah bahan terbaik dari segi kenyamanan. Dan kulit hewan terbaik untuk dijadikan bahan sepatu sepakbola adalah kulit kanguru dan kulit sapi. Kulit hewan memiliki kelembutan, tekstur, serta ketebalan yang tepat untuk memberikan kenyamanan di kaki. Keunggulannya yang utama adalah kulit hewan membuat kaki bisa merasakan dengan baik sentuhan dan tekanan dari bola. Seolah tidak ada penghalang antara kaki dengan bola, sehingga kaki pemain bisa merasakan bola dengan baik. Yang secara langsung membantu pemain dalam mengolah bola.

Sayangnya bahan kulit hewan cenderung agak berat dan kurang bersifat waterproof dibandingkan bahan sintetik. Di lapangan yang lembab, sepatu dari bahan kulit hewan cenderung menyerap air. Maka bagi pemain yang lebih menyukai sepatu yang ringan, sepatu dari bahan sintetik bisa menjadi pilihan.

Pada akhirnya, pilihan bahan sepatu bisa dikembalikan kepada karakter dari pemain yang bersangkutan. Pemain yang lebih senang berlari mengejar bola dan jarang melakukan dribbling bisa memilih sepatu dari bahan sintetik yang ringan dan tidak menyerap air. Sementara pemain yang lebih sering mendribble, menggocek, dan bermain-main dengan bola bisa memilih sepatu dari bahan kulit hewan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s