Memilih Bahan Sepatu Sepakbola (4)

4. Bahan Sintetik
Tingginya permintaan akan sepatu sepakbola membuat produsen-produsen sepatu tidak bisa lagi hanya mengandalkan bahan kulit hewan, yang meskipun kualitasnya paling baik namun suplainya lebih terbatas. Akhirnya diciptakanlah bahan sintetik yang dapat menggantikan bahan kulit hewan.

Salah satu bahan sintetik yang paling terkenal adalah bahan sintetik Teijin. Bahan ini dikenal ringan, agak kaku, dan anti air. Salah satu produk yang menggunakan bahan sintetik Teijin adalah Nike Mercurial series. Penggunaan bahan sintetik Teijin membuat Nike Mercurial series terkenal ringan dan durable di kondisi rumput yang lembab.

Kelemahan utama dari bahan sintetik adalah kenyamanannya yang kurang jika dibandingkan dengan bahan kulit. Beberapa bahan sintetik memang dikenal kaku dan harus digunakan beberapa kali sampai dirasa nyaman. Bagi kebanyakan pemain, bahan sintetik tidak memberikan friksi yang pas sehingga seolah-olah terdapat penghalang dari kaki ke bola. Sesuatu yang tidak nyaman bagi pemain karena sentuhan bola ke kaki menjadi tidak terlalu terasa dan otomatis menyulitkan pemain dalam mendribble bola. Berbeda dengan bahan kulit yang mampu memberikan sensasi sentuhan bola ke kaki yang nyaman sehingga pemain bisa benar-benar merasakan tekstur dan tekanan bola di kaki, yang secara langsung bisa memudahkan pemain dalam mengolah bola.

Advertisements

One thought on “Memilih Bahan Sepatu Sepakbola (4)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s