Memilih Bahan Sepatu Sepakbola (3)

Pada artikel Memilih Bahan Sepatu Sepakbola sebelumnya telah diulas kelebihan dan kekurangan dari bahan kulit kanguru dan kulit sapi sebagai bahan upper sepatu sepakbola. Kali ini wordbola.com akan mengulas bahan sepatu sepakbola dari kulit sintetik bertekstur.

3. Bahan Sintetik Bertekstur
Seperti yang kita ketahui sebelumnya, kulit kanguru merupakan bahan terbaik untuk digunakan menjadi upper sepatu sepakbola karena kenyamanan, kelembutan dan kekuatannya. Sementara kulit sapi berada setingkat dibawahnya. Namun, suplai yang cukup terbatas dari bahan kulit membuat harga kulit sebagai bahan sepatu sepakbola menjadi tinggi, hal ini berimbas pada tingginya biaya produksi sepatu sepakbola dari bahan kulit. Yang secara otomatis membuat harga jual sepatu sepakbola dari bahan kulit, terutama kulit kanguru, menjadi lebih mahal.

Untuk mensubtitusi bahan kulit, beberapa produsen kemudian berinovasi dengan menciptakan bahan sintetik dengan karakteristik semirip mungkin dengan karakteristik bahan kulit. Seperti yang dilakukan Nike dengan menciptakan bahan sintetik Kanga-Lite. Bahan sintetik Kanga-Lite yang salah satunya diaplikasikan pada CTR 360 ini diklaim Nike mampu memberikan sensasi sentuhan kaki ke bola dan kenyamanan yang sama baik dengan kulit kanguru.

Kelebihan utama bahan sintetik bertekstur ini tentu saja biaya produksi yang tidak terlalu besar seperti pada sepatu sepakbola dengan bahan kulit kanguru. Namun produsen tetap bisa menjual dengan harga yang relatif sama dengan sepatu dari bahan kulit kanguru. Selain itu beratnya yang relatif lebih ringan dari bahan kulit asli, yang secara langsung bisa mengurangi bobot sepatu dan membuat sepatu menjadi lebih ringan. Sayangnya, beberapa komentar ternyata tidak sejalan dengan klaim produsen. Kenyataannya menurut beberapa pemain, bahan sintetik bertekstur tidaklah sepenuhnya sebaik bahan kulit kanguru. Bahkan beberapa pemain lebih merasa nyaman dengan sepatu berbahan kulit sapi. Sensasi sentuhan kaki ke bola, kelembutan, dan kenyamanan bahan kulit sapi jauh lebih baik ketimbang bahan sintetik bertekstur. Meskipun tentu saja masih lebih baik lagi bahan kulit kanguru.

Artikel berikutnya: 4. Bahan Sintetik

Posted with WordPress for BlackBerry.

Advertisements

One thought on “Memilih Bahan Sepatu Sepakbola (3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s