Sepakbola Semakin Berbahaya?

Dalam selang waktu dua bulan ini kita disuguhi adegan-adegan yang terbilang agak mengerikan di dunia sepakbola. Masih segar dalam ingatan kita bagaimana kondisi striker Chelsea Didier Drogba sesaat setelah beradu badan dengan penjaga gawang Norwich City John Ruddy. Ketika Drogba dan Ruddy sedang berebut bola yang melayang di udara, kepalan tangan Ruddy yang bermaksud mengincar bola secara tidak sengaja ikut meninju wajah Drogba. Sepersekian detik setelah kejadian tersebut Drogba pingsan seketika dan terbanting bebas ke tanah. Akibatnya Drogba kemudian harus menerima perawatan intensif di rumah sakit dan absen hingga berbulan-bulan.

Juga masih jelas dalam ingatan kita bagaimana kondisi penjaga gawang Chelsea Petr Cech yang mengalami gegar otak dan retak tulang tengkorak setelah berbenturan dengan pemain Reading ketika itu Stephen Hunt (kini Wolverhampton) beberapa tahun yang lalu. Cech beruntung ketika itu ia menerima perawatan yang tepat sehingga membantu membuat nyawanya terselamatkan.

Dan baru-baru ini kita disuguhi adegan yang mirip dengan kejadian yang dialami Drogba dan Cech. Kali ini aktornya adalah bek Internazionale Lucio dengan penjaga gawang baru AS Roma Marteen Stekelenburg. Kaki Lucio yang bermaksud menendang bola dalam kondisi 50-50 malah menendang kepala Stekelenburg yang langsung pingsan seketika. Atas aksinya yang berbahaya tersebut Lucio langsung diganjar kartu kuning. Sadar akan aksinya yang membahayakan pemain lain, secara sportif Lucio kemudian meminta maaf kepada Stekelenburg melalui Wesley Sneijder. Beruntung, kondisi Stekelenburg pun dikabarkan sudah membaik.

Satu hikmah yang bisa kita petik dari kejadian-kejadian diatas adalah betapa industrialisasi dan komersialisasi sepakbola bisa berdampak buruk bagi keselamatan pemain. Keinginan kuat dan keharusan untuk mencapai kemenangan bisa membuat pemain melakukan aksi yang membahayakan orang lain seperti yang dilakukan Hunt dan Lucio, atau bahkan membahayakan dirinya sendiri seperti yang dilakukan Drogba, Cech, atau Stekelenburg. Jadi, hormati dan hargailah keselamatan diri kita sendiri, kawan, maupun lawan kita di lapangan. Karena betapapum berharganya sebuah gol, maupun kemenangan, keselamatan setiap orang tetap diatas segalanya.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Advertisements

One thought on “Sepakbola Semakin Berbahaya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s