Nike Total 90 Laser IV-White/Orange/Black

Akhirnya, setelah beberapa kali muncul dalam spyshoot Nike Total 90 Laser IV resmi dirilis. Tidak seperti versi Laser sebelumnya, Laser IV pertama kali muncul dalam warna White/Orange/Black. Apa yang baru dari generasi Laser terkini itu?

Pembaruan pertama ada pada bobot. Laser IV jauh lebih ringan (270 gram) dibanding pendahulunya Laser III (320 gram). Memang masih lebih berat ketimbang kompetitor sejatinya Adidas Predator Adipower (230 gram), namun pengurangan berat hingga 50 gram ini cukup patut rasanya untuk diapresiasi. Dengan berat 270 gram Nike mencoba menemukan bobot yang tepat untuk ukuran sebuah power boots. Bukan perkara yang mudah juga mengingat bobot yang terlalu ringan bisa jadi membuat Laser IV kehilangan identitasnya sebagai sebuah power boots. Sebagai catatan, bobot yang terlalu ringan bisa mengurangi force momentum sepatu terhadap bola yang bisa diartikan berkurangnya ‘power’ tendangan.

Pembaruan berikutnya adalah tidak lagi tersedianya versi Elite dari Laser IV. Tidak seperti pendahulunya Laser III yang dilengkapi versi Elite (lebih ringan dan menggunakan carbon-fiber outsole), Laser IV hanya tersedia dalam satu versi. Bisa jadi Nike sudah merasa cukup dengan improvement yang mereka lakukan terhadap Laser IV sehingga tidak merasa perlu menyediakan versi Elite-nya.

Secara visual, Nike pun melakukan revisi terhadap Laser Panel pada bagian dalam sepatu. Nike mengurangi luas dari Laser Panel dengan tujuan memperluas bidang sentuh upper terhadap bola. Laser Panel pun dipisahkan menjadi dua bagian: Strike and Swerve. Strike Panel yang terletak di kaki dalam bagian depan bawah diklaim Nike mampu meningkatkan akurasi tendangan dengan panel karet lembut yang berstruktur khusus. Sementara Swerve Panel terletak di kaki dalam didekat pangkal kaki tersusun dengan ketebalan tertentu sehingga diklaim mampu meningkatkan lengkungan bola ketika ditendang.

Kapan Laser IV hadir di Indonesia? Secepatnya bisa jadi. Sekarang, silakan nikmati dulu galerinya.

Image courtesy of soccerbible.com

Posted with WordPress for BlackBerry.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s