Kisah iPad Di Dunia Sepakbola

Sebagai sebuah industri sepakbola tentu tak lepas dari sentuhan teknologi. Di tangan pemain yang cerdas, gadget-gadget canggih bisa dimanfaatkan untuk memenangkan sebuah pertandingan. Sebagian dari kita mungkin masih mengingat keberhasilan penjaga gawang Inggris Ben Foster yang memanfaatkan iPod untuk menganalisa pola tendangan pemain Tottenham Hotspurs di fase adu penalti final Carling Cup 2009. Hasilnya Manchester United yang ketika itu dibela Foster berhasil menambah trofi berkat kecemerlangan Foster mementahkan tendangan penalti pemain Spurs. Dua tahun berselang Foster kembali memanfaatkan sentuhan teknologi lewat gadget yang lebih canggih, iPad. Dengan bantuan iPad, Foster berhasil menganalisa pola serangan Arsenal, lawan Birmingham City di final Carling Cup 2011. Dan kali ini Foster tidak perlu menunggu hingga fase adu penalti karena penampilan hebatnya membantu Birmingham yang dibelanya mengalahkan Arsenal 2-1 dan meraih trofi Carling Cup.

Lantas apa jadinya jika teknologi dan gadget canggih macam iPad berada ditangan pemain yang kurang cerdas? Kejadian yang dialami striker tim nasional Italia Mario Balotelli bisa jadi contoh. Ketika Italia hanya unggul 1-0 hingga pertengahan pertandingan melawan Kepulauan Faroe, pelatih Italia Cesare Prandelli hendak memainkan Mario menggantikan Antonio Cassano untuk menambah ketajaman lini serang Gli Azzuri. Sayangnya, jika Foster menggunakan iPad untuk menganalisa permainan, Mario justru menggunakan iPad untuk bermain-main dan bukannya mengamati dan menganalisa permainan dari bangku cadangan. Alhasil Mario pun bermalas-malasan saat diminta Prandelli untuk melakukan pemanasan. Jengah dengan sikap Mario, Prandell pun hanya memberikan Mario waktu enam menit untuk bermain. Dan kejadian itupun semakin menambah daftar alasan bagi publik untuk tidak menyukai Mario.

Begitulah, teknologi pada dasarnya hanya alat bantu. Adalah manusia itu sendiri yang menjadikan teknologi tersebut sesuatu yang luar biasa. Bukan begitu?

Posted with WordPress for BlackBerry.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s