Baru! Puma V1.11 SL

Saat mengkreasi generasi terbaru dari speed boots-nya, V1.11, bisa jadi Puma menghadapi dua opsi yang cukup sulit: mengkreasi sepatu baru yang lebih ringan untuk merebut tahta sebagai speed-boots paling ringan dari kompetitor utamanya Adidas Adizero Prime (145 gram), atau merekonstruksi V1.10 menjadi sepatu yang tetap ringan (150 gram) dan lebih stabil. Sebagai catatan, Nike Mercurial kami coret dari persaingan karena Nike sudah menentukan sikap untuk tidak ikut bersaing dari segi bobot sepatu, namun lebih mengarahkan Mercurial menjadi speed & acceleration boots. Puma sendiri lebih memilih opsi kedua: merekonstruksi V1.10 untuk menjadi basic design dari V1.11 dengan menambah value lainnya.
Apa saja yang baru dari V1.11 SL? Secara keseluruhan V1.11 SL tetap menjadi sepatu yang luar biasa ringan (150 gram) namun dklaim paling stabil. Puma tetap menempatkan stud yang lebih melebar di bagian sole, hal ini diklaim Puma untuk meningkatkan stabilitas sepatu saat pemain berlari dan meningkatkan traksi. Puma juga tetap menyematkan carbon fiber plate ditengah outsole untuk menambah stabilitas V1.11. Dan untuk memperkuat brand image sebagai speed boots paling stabil, Nike kemudian merekonstruksi bagian heel counter menjadi menyatu dengan bagian upper.
Di bagian upper sendiri, Puma berupaya meningkatkan sensitivitas kaki terhadap bola dengan menyematkan desain unik pada bagian forefoot. Desain bintik-bintik ini ditujukan untuk menambah friksi di upper sepatu sehingga sentuhan bola lebih terasa oleh kaki. Desain tali pun dibuat sedikit lebih asimetris, namun tidak terlalu menyilang seperti pada Adizero. Dengan desain seperti ini diharapkan area kicking surface pada bagian dalam kaki bisa lebih luas, tanpa mengurangi stabilitas sepatu.
Lantas apakah generasi terbaru speed boots Puma ini bisa bersaing dengan Adizero dan Mercurial? We’ll see!

Image courtesy of soccerbible.com

Posted with WordPress for BlackBerry.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s