Mengapa Adidas Predator Terbaru Diberi Nama AdiPower?

Seperti yang sudah dijanjikan Wordbola pada artikel sebelumnya mengenai Adidas AdiPower Predator, kini akan kita analisa bersama mengenai strategi penamaan AdiPower pada Predator terbaru.

Dari nama AdiPower tersebut kita bisa melihat bahwa Adidas ingin mengembalikan posisi branding image dari line-up Predator sebagai power shoes. Seperti yang kita ketahui, sampai pada Predator Absolute, line-up Predator dikenal sebagai power shoes. Namun, pada Predator X Adidas disinyalir mulai terpancing oleh strategi Nike pada Total 90 Laser III yang disematkan tagline “accuracy” selain tagline “power”.

Inilah yang menarik, karena Total 90 memang diposisikan sebagai accuracy shoes oleh Nike. Branding image sebagai power shoes justru diperoleh Total 90 karena dianggap sebagai rival head to head dari Predator, yang kadung dicap sebagai power shoes. Nike yang paham betul superioritas branding image dari Predator berusaha untuk tidak berhadapan langsung dengan Predator dan memilih branding image sebagai accuracy shoes, terutama sejak kemunculan Total 90 Laser. Senjata utama Nike pun bukan pada line-up Total 90, namun pada line-up Mercurial sebagai speed shoes. Secara perlahan branding image Total 90 sebagai power shoes (selain sebagai accuracy shoes) diperoleh sebagai hasil dari rivalitasnya dengan Predator.

Adidas nampaknya terpancing oleh strategi Nike pada Total 90. Terlebih lagi penjualan Total 90 nyatanya terkerek oleh branding image sebagai power shoes sekaligus sebagai accuracy shoes. Tak mau kalah, Adidas pun berusaha menempelkan tagline “accuracy” pada Predator mulai dari Predator X. Usaha Adidas ini bisa dilihat dari pengaplikasian panel Predator Element. Panel Predator Element ini disinyalir adalah usaha Adidas untuk menyaingi Accuracy Fin pada Total 90 Laser III. Panel Predator Element sendiri diklaim Adidas dapat meningkatkan akurasi tendangan pemain.

Namun, hal ini justru mengakibatkan distraksi branding image dari line-up Predator. Alih-alih mendapatkan branding image tambahan sebagai sepatu yang mampu meningkatkan akurasi tendangan pemain (accuracy shoes), seperti yang diharapkan Adidas, branding image Predator sebagai sebagai sepatu yang powerful dilapangan (power shoes) justru memudar.

Bisa jadi Adidas mulai menyadari hal ini dan mengembalikan branding image Predator sebagai power shoes. Dan usaha ini dimulai dengan menyematkan nama AdiPower pada Predator terbaru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s