Jose Mourinho, Brilian Atau Pecundang?

Raihan gelar Copa Del Rey bersama Real Madrid tadi malam membuat pelatih El Real Jose Mourinho kembali meneruskan tradisinya untuk meraih trofi di musim pertama menangani sebuah klub. Hanya saja, raihan trofi tersebut tidak membuat para football pundit berhenti mengkritik Mou. The Special One dianggap masih terlalu menghalalkan cara-cara pragmatis dalam mencapai kemenangan. Lihat saja formasi yang diusung Mou saat menghadapi Barcelona. Pola 4-3-3 dengan lima orang bek dan tanpa penyerang murni, tiga orang dilini depan diisi para gelandang yang tidak jarang ikut turun hingga ke daerah pertahanan sendiri, permainan keras yang mengandalkan fisik dan cenderung menjurus kasar, dan gol yang baru tercipta pada waktu ekstra rasanya cukup untuk menggambarkan betapa pragmatisnya sepakbola yang diusung Mou. Yang bahkan oleh presiden kehormatan Madrid Alfredo Di Stefano ikut diprotes.

Dan ini bukan yang pertama kali. Saat menangani Chelsea dan Internazionale Milan pun Mou melakukan hal yang sama. Bahkan hal yang lebih ekstrim terjadi saat leg 2 semifinal UEFA Champions League musim lalu menghadapi Barcelona, ketika 8 orang pemain Inter bertarung selama nyaris 90 menit di zona pertahanan sendiri dan hanya menyisakan Diego Milito sendirian didepan.

jose-mourinho-real-madrid

Hasilnya? Tiga trofi dalam musim yang sama! Simak pernyataan Mou dalam menjawab tudingan pragmatisme dan tuduhan pecundang pada dirinya “Apa anda mengharapkan saya kalah dengan bermain terbuka?”. Well, apapun gaya yang diusung Mou, dibenci atau disukai, faktanya adalah ia memang pelatih juara 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s