Teknologi & Sepakbola: Ketika Sepakbola Semakin Mirip PlayStation

Jika anda penggemar video game sepakbola macam Pro Evolution Soccer anda pasti hapal betul dengan adanya indikator stamina pemain. Indikator ini menunjukkan kondisi fisik pemain diawal pertandingan, apakah fit (tanda panah merah keatas) ataukah tidak (tanda panah putih mengarah kebawah). Dan ditengah pertandingan, indikator ini menunjukkan kondisi fisik dan stamina pemain. Biasanya indikator ini menjadi acuan para gamer Pro Evolution Soccer dalam menentukan pemain mana yang akan diganti.

 

under-armour-logo

 

Dan kini ditangan apparel asal Amerika, Under Armour, indikator seperti pada video game tersebut bisa muncul didunia nyata. Ya, dengan jersey yang dilengkapi beragam sensor, kondisi pemain bisa diketahui secara lebih empiris. Kondisi fisik seperti denyut jantung, suhu dan temperatur rata-rata tubuh, sirkulasi udara, kondisi paru-paru, dan indikator kondisi fisik lainnya akan ditangkap oleh sensor yang ditanamkan kebeberapa bagian kostum dan ditransmisikan ke komputer yang dipegang oleh staf pelatih.

 

under armour base layer

under armour base layer
Dengan mengetahui indikator ini staf pelatih akan mengetahui kondisi fisik, stamina, dan kelelahan yang dialami pemain. Tentu saja indikator ini akan membantu pelatih dalam menentukan pemain mana yang harus digantikan, selain pergantian pemain sesuai strategi. Yang lebih menarik lagi, pelatih bisa mengetahui pemain mana yang paling siap secara mental untuk mengambil tendangan bebas atau tendangan penalti dengan indikator denyut jantung dan ketegangan saraf.
Wow, amazing isn’t it?
Terlepas apakah teknologi ini akan di-approve oleh FIFA atau UEFA, sebuah inovasi menarik tentu patut kita apresiasi. Dan klub pertama yang akan menggunakannya adalah Tottenham Hotspur. Mulai musim 2012-2013 Spurs akan menggantikan Puma dengan Under Armour sebagai pemasok apparel. Menarik untuk ditunggu!
Advertisements

4 thoughts on “Teknologi & Sepakbola: Ketika Sepakbola Semakin Mirip PlayStation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s