Mengapa Berat Nike Mercurial Superfly III Masih 210 gram?

Para fans boy Nike Mercurial pasti tahu betul bahwa antara Superfly II dengan Superfly III secara kasat mata hanya ada satu teknologi yang betul-betul baru dari Superfly III, yakni electricity flash yang melancip dari bagian belakang sepatu menuju 2/3 kaki bagian dalam. Selebihnya, teknologi NikeSense Stud, Traction Stud, Flywire upper, three-layers Teijin upper, sampai fore foot grip semuanya ada di Superfly II.

 

 

Mungkin banyak penggemar Mercurial yang berharap lebih dari Superfly III kemudian kecewa karena Nike ternyata hanya mengganti corak warna dan menambahkan electricity flash pada Superfly III. Banyak penggemar Mercurial yang pada awalnya berharap bobot dari Superfly yang baru bisa lebih ringan, setidaknya bisa sama ringan dengan Superfly I (185 gram), harapannya tentu agar Superfly bisa lebih bersaing dengan dua kompetitor utamanya di Speed Boots: Puma V1.10 SL (150 gram) dan sang penguasa pasar Adidas Adizero Prime (145 gram). Wajar jika mereka kecewa karena berat Superfly III ternyata sama saja dengan Superfly II (210 gram).

 


 

Tapi tunggu dulu, Nike ternyata punya strategi marketing lain. Ketimbang melakukan Red Ocean strategy dengan berhadapan face to face melawan Adizero Prime dan V1.10 SL yang jauh lebih ringan, Nike memilih untuk menerapkan strategi Blue Ocean dengan menciptakan pasar baru bagi Superfly III. Ya, sadar bahwa kompetitornya punya bobot sepatu yang lebih ringan dan (surprisingly) lebih nyaman, Nike memilih untuk mengganti tagline Superfly dari Speed Boots menjadi Fast Boots.

 

 

Lho, memang apa bedanya? Banyak! Untuk menciptakan Speed Boots anda mungkin ‘cukup’ menciptakan sepatu  sepakbola seringan mungkin, dan mungkin dengan nilai tambah selain ringan seperti ringan dan kokoh (Puma V1.10 SL) atau ringan dan nyaman (Adidas Adizero Prime). Tapi untuk menciptakan Fast Boots anda harus memperhatikan berbagai aspek. Disini Nike memandang bahwa sebuah produk Fast Boots haruslah bisa membantu pemain dalam melakukan akselerasi sehingga bisa secepat mungkin berlari lebih cepat. Catat itu, ‘secepat mungkin berlari lebih cepat’, dan bukan hanya ‘berlari cepat’. Artinya pemain bisa memaksimalkan kecepatannya dari kondisi diam ke kondisi berlari. Karena itulah Nike tetap memasang teknologi NikeSense Stud dan fore foot grip pada Superfly III.

 


 

Dan Nike juga beranggapan bahwa sebuah Fast Boots seperti Superfly III haruslah memudahkan pemain dalam menerima umpan lebih cepat dari rekannya. Caranya? Sebuah Fast Boots haruslah bisa dikenali dengan cepat dilapangan. Dengan ditemukan lebih cepat, rekan yang sedang memegang bola bisa lebih cepat menemukan dan mengirimkan umpan kepada pengguna Superfly III. Dan itulah alasan utama Nike mengaplikasikan Electricity Flash pada Superfly III, agar pemain lebih mudah dikenali dan diberi umpan, yang pada akhirnya meningkatkan kecepatan permainan tim. Konsep ini sebelumnya sudah terbukti efektif pada generasi Elite sepatu sepakbola Nike edisi Piala Dunia 2010 yang lalu.

 

 

Jadi Superfly lovers, tak usah kecewa jika bobot Superfly III masih 210 gram, lebih berat dari Adizero dan V1.10 SL, karena Superfly memang punya konsep yang berbeda sebagai Fast Boots. Nike Mercurial Superfly III: Be Fast, Be Seen!

 

 

Nike Mercurial Superfly III dapat dipesan di bolastore.wordpress.com dengan kode produk NMS3RWV

 

Category                              : Speed

Specialist                            : Winger, Striker, Fast Player

Material                              : Synthetic Three-layered Teijin with Flywire

Outsole                                : Carbon-fiber Chasis with Traction and NikeSense Stud

Weight Scale                    : Light (210 gram)

Price                                      : IDR 4.150 (Rp.4.150.000,-)

Available at                      : Bolastore

Product Code                  : NMS3RWV

 

 


Sumber dan hak cipta gambar pada Soccer Bible

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s