Football & Futsal Cleats, Anything Else Please!

Dominasi sports vendor asing macam Adidas, Nike, Puma, Lotto, dll memang begitu terasa saat kita memilih sepatu sepakbola atau sepatu futsal. Hal yang, sayangnya, tidak bisa dihindari karena mereka memang market leader saat ini. Jadi wajar saja jika kebanyakan sport shop, baik online maupun offline, lebih banyak dijejali produk dari sports vendor asing itu.

Bagaimana dengan sport vendor lokal macam Specs atau Speed? Secara kuantitas mereka relatif sudah mulai bisa bersaing di pasar lokal, setidaknya keberadaan mereka sudah mulai diakui. Tapi bagaimana dengan desain produk? Hmm, sejujurnya sama sekali tidak ada yang benar-benar baru. Coba bandingkan produk Accelerator Bafana dengan Mercurial Vapor III, Swervo Precisio dengan  Superfly II Cherry, Capitano dengan AdiPure I. Menemukan sesuatu? Well, you have to be honest that there’s something 🙂

Ditengah momentum bangkitnya nasionalisme setelah dipicu penampilan Tim Nasional Sepakbola di Piala AFF tahun lalu, muncul sedikit rasa miris karena Timnas kita justru dijejali dengan produk-produk asing. Tengok saja, mulai dari jersey (Nike) sampai ke sepatu yang digunakan pemain, Bambang Pamungkas (Mercurial Superfly II), Ahmad Bustomi (CTR 360 Maestri), Markus Haris (Zhero Gravity Tre), dll. Tercatat hanya Christian Gonzales (Capitano Lea) dan Okto Maniani (Accelerator Bafana) yang menggunakan sepatu dari vendor lokal.

Merindukan vendor lokal yang bisa bersaing dengan vendor asing? Me too! Mari kita berharap vendor-vendor lokal bisa lebih percaya diri melakukan inovasi pada desain sepatunya, sehingga ketika memakainya kita tidak merasa bahwa itu adalah produk tiruan dari vendor asing. Atau setidaknya ada vendor lokal yang memiliki desain baru yang lebih segar, inovatif, dan membuat kita percaya diri memakainya sambil berseru “Ini produk dalam negeri, dan ini keren!”

Advertisements

2 thoughts on “Football & Futsal Cleats, Anything Else Please!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s